Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil 2023

Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil 2023

Penilaian Akhir Semester (PAS) merupakan salah satu bentuk evaluasi yang dilakukan oleh satuan pendidikan dengan tujuan mengevaluasi dan mengukur capaian kompetensi siswa selama satu semester.

Pelaksanaan PAS Ganjil SMP Telkom Makassar dilaksanakan selama lima hari mulai tanggal 4-8 Desember 2023. Pada pelaksanaan PAS Ganjil 2023, para peserta didik menggunakan HP atau perangkat masing-masing serta menggunakan alat berupa apalikasi Exam Browser 2023. Aplikasi Exam Browser merupakan salah satu aplikasi yang dapat berfungsi sebagai alat pengunci saat ujian. Aplikasi tersebut dapat mencegah atau meminimalisir terjadinya tindak kecurangan saat pelaksanaan ujian berlangsung serta menonaktifkan beberapa akses yang ada pada perangkat HP peserta didik.

Penilaian Akahir Semester dilaksanakan tidak hanya mengukur kompetensi peserta didik, namun bagaimana membentuk karakter peserta didik melalui pelaksanaan Penilaian Akhri Semester tersebut. Pembentukan karakter menjadi modal utama mereka dalam menghadapi tantangan hidup di era milenial. Kompetensi yang berkualitas serta karakter yang unggul diharapkan dapat menjembatani peserta didik untuk meraih cita-cita mereka.

Salah satu karakter yang menjadi sorotan utama pada pelaksanaan PAS ini adalah Kejujuran, meskipun pelaksanaan PAS sudah menggunakan aplikasi Exam Browser untuk meminimalisir kecurangan, sangat diharapkan agar peserta didik melaksanakan PAS dengan cara yang bersih, tidak ada kecurangan dalam bentuk apapun.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.