Asesmen Sumatif Akhir Semester (ASAS) SMP Telkom Makassar 2024

Asesmen Sumatif Akhir Semester (ASAS) SMP Telkom Makassar 2024

Penilaian sumatif akhir semester merupakan salah satu bentuk penilaian yang dilakukan oleh guru untuk mengukur pencapaian hasil belajar siswa pada akhir semester. Penilaian ini bertujuan untuk memberikan umpan balik kepada siswa dan guru.

Pada Kurikulum Merdeka, penilaian sumatif akhir semester memiliki perbedaan dengan kurikulum sebelumnya. Di mana penilaian sumatif akhir semester pada Kurikulum Merdeka lebih berfokus pada proses pembelajaran, bukan hanya pada hasil akhir.

SMP Telkom Makassar melaksanakan Asesmen Sumatif Akhir Semester (ASAS) atau Penilaian Akhir Semester (PAS) yang akan berlangsung pada tanggal 3-7 Juni 2024. Asesmen sumatif dilakukan untuk memastikan ketercapaian keseluruhan tujuan pembelajaran.

Penilaian sumatif akhir semester pada Kurikulum Merdeka dilakukan dengan berbagai cara, antara lain:

  1. Penilaian yang lebih beragam

Penilaian sumatif akhir semester pada Kurikulum Merdeka tidak hanya dilakukan dengan tes tertulis, tetapi juga dengan berbagai bentuk penilaian lainnya, seperti praktik, penugasan, proyek, dan presentasi atau pementasan. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk menunjukkan kompetensinya dalam berbagai cara.

  1. Penilaian yang lebih kontekstual

Penilaian sumatif akhir semester pada Kurikulum Merdeka dirancang agar lebih kontekstual dengan kehidupan sehari-hari siswa. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa untuk belajar.

  1. Penilaian yang lebih kolaboratif

Penilaian sumatif akhir semester pada Kurikulum Merdeka dapat dilakukan secara kolaboratif antara siswa dan guru. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan komunikasi antara semua pihak yang terlibat dalam pembelajaran.

Sebagian sekolah melaksanakan ASAS secara klasikal yakni siswa mengerjakan soal di dalam kelas. Namun adanya penerapan Kurikulum Merdeka ini membebaskan sekolah apabila mengganti ASAS dengan pembuatan proyek. Kurikulum Merdeka memberi ruang yang sangat luas untuk guru membuat model penilaian sesuai dengan tujuan pembelajaran yang diharapkan.

Berdasarkan bimbingan dan arahan dari pengawas sekolah Kota Makassar Bapak Drs. Syafri Hursasia SY, M.M. serta hasil rapat dewan guru SMP Telkom Makassar pada pelaksanaan ASAS/PAS Semester Genap 2024 tidak lagi dilaksanakan secara klasikal namun setiap mata pelajaran melakukan kolaborasi dalam melakukan penilaian dengan model penilaian praktik, penugasan, proyek, dan presentasi atau pementasan. Misalnya mapel IPS berkolaborasi dengan Bahasa Inggris, IPA berkolaborasi dengan Informatika, Bahasa Indonesia berkolaborasi dengan Matematika dan Pendidikan Agama Islam, dll.

Sebelum PAS dilaksanakan PAS dalam bentuk praktik, penugasan, proyek, dan presentasi setiap guru sudah membuat perencanaan dan merancang model penilaian yang akan digunakan serta membuat ruang kolaborasi untuk setiap mata pelajaran.

Dengan adanya ruang kolaborasi tersebut diharapkan seluruh siswa dapat lebih memaksimalkan kemampuan dan bakat yang telah dimiliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published.