Mengenal dan Melestarikan Budaya Melalui Pentas Seni Kolaborasi Mapel Seni Budaya dan PKn SMP Telkom Makassar

Mengenal dan Melestarikan Budaya Melalui Pentas Seni Kolaborasi Mapel Seni Budaya dan PKn SMP Telkom Makassar

SMP Telkom Makassar melaksanakan ASAS/PAS Semester Genap 2024 tidak lagi secara klasikal namun setiap mata pelajaran melakukan kolaborasi dalam melakukan penilaian dengan model penilaian praktik, penugasan, proyek, dan presentasi atau pementasan.

Penerapan Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan kepada setiap sekolah apabila mengganti ASAS/PAS dengan pembuatan proyek, praktik, dan pementasan. Kurikulum Merdeka memberi ruang yang sangat luas untuk guru membuat model penilaian sesuai dengan tujuan pembelajaran yang diharapkan.

Salah satu bentuk penilaian yang dilaksanakan dari hasil kolaborasi mata pelajaran Seni Budaya dan PKn adalah dengan melaksanakan Pentas Seni dengan tema “Mengenal dan Melestarikan Budaya”. Pentas Seni Kolaborasi Mata Pelajaran Seni Budaya dan PKn tersebut dilaksanaka dua hari Kamis dan Jumat (6-7 Juni 2024) yang diikuti seluruh siswa Kelas 7 dan 8.

Melalui pentas seni tersebut dapat membangkitkan dan mendukung kreatifitas serta jiwa seni para siswa. Selain sebagai bentuk penilaian pada pelaksanaan ASAS/PAS Sumatif Akhir semester Genap, Pentas Seni diharapkan mampu

  1. Melatih Siswa Percaya Diri

Untuk tampil di atas panggung diperlukan rasa percaya diri yang kuat, dengan berani tampil, maka akan melatih siswa untuk menjadi bintang pertunjukkan. Siswa-siswi yang memiliki keahlian dalam bidang menari, menyanyi, dan bermusik diharapkan dapat menampilkan bakatnya kepada teman-temannya agar menjadi inspirasi.

  1. Tempat Menyalurkan Bakat dan Minat Siswa

Ketika para siswa belum memiliki kesempatan menampilkan bakat dan keahliannya ke khalayak umum, maka sekolah adalah tempat pertama yang harus mendukung siswa tersebut untuk berkembang.

  1. Hiburan untuk Para Siswa

Pentas seni dapat memberikan hiburan Setelah belajar penuh selama kurang lebih 6 bulan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.