Kotak Masalah Sebagai Media BK

Kotak Masalah Sebagai Media BK

Kotak masalah  adalah  instrumen  media  BK yang berfungsi sebagai sarana bagi konseli untuk menyampaikan masalah dan pertanyaan- pertanyaan secara tidak langsung, bisa dikarenakan takut atau malu.

Salah satu instrumen media bimbingan dan konseling yang berbentuk kotak surat yang disiapkan untuk menampung harapan, kebutuhan, keluhan, dalam bentuk tulisan.

Dengan kotak masalah konseling yang merasa malu atau takut mengemukakan masalah dan pertanyaan yang dimilikinya secara langsung dapat menyampaikannya lewat   kotak   masalah,   selain   itu kotak masalah juga dapat menjadi sumber data tentang kebutuhan konseli sebagai pertimbangan penyajian materi layanan BK.

  1. Yang menjadi pengguna (subyek ) kotak masalah adalah guru BK/konselor, dengan kotak masalah konselor bisa mendapatkan data-data sebagai bahan pertimbangan dalam memilih materi layanan BK yang akan diberikan.
  2. Yang menjadi sasaran (obyek ) kotak masalah adalah konseli/siswa, dengan kotak masalah konseli dapat mengungkapkan masalah dan pertanyaan yang

Kotak masalah dapat digunakan kapan saja, karena setiap ada konseli yang merasa malu mengungkapkan masalah dan pertanyaan yang dimilikinya secara langsung pada konselor maka kotak masalah dapat menjadi sarana penyampaiannya.

Kotak masalah dapat diletakkan didepan ruang BK/konselor agar lebih mudah dipantau dan biasanya berupa kotak surat .

Penggunaan kotak masalah adalah sebagai sarana pengumpul informasi/data tentang permasalahan dan pertanyaan dari konseli yang merasa malu untuk mengungkapkan permasalahan dan pertanyaan yang dimilkinya secara langsung, kemudian berdasarkan data tersebut konselor dapat mempertimbangkan materi layanan BK yang tepat untuk disampaikan (sesuai dengan kebutuhan konseli).

Oleh : Irsan Karatahe, S.PSI.,Gr.,M.Pd.
(Guru BK SMP Telkom Makassar)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.