Pra MPLS SMP Telkom Makassar

Pra MPLS SMP Telkom Makassar

Dalam rangka mendukung proses pembelajaran yang sesuai dengan tujuan Pendidikan Nasional, setiap tahun ajaran baru setiap sekolah menyelenggarakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi siswa baru.

Sebelumnya, kegiatan pengenalan lingkungan sekolah disebut dengan istilah Masa Orientasi Siswa (MOS). Namun, seiring berjalannya waktu, MOS identik dengan tindakan senioritas. Oleh karena itu, istilah MOS diganti dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi siswa baru. Tujuan utamanya sama, hanya nama dan aturannya yang berubah. Segala bentuk perpeloncoan terhadap siswa baru sudah ditiadakan dan diubah dengan kegiatan positif yang bermuatan karakter. (dikutip dari: tirto.id)

Sebagai rangkaian dari agenda MPLS yang akan dilaksanakan pada tanggal 9-11 Juli 2024, SMP Telkom Makassar terlebih dahulu mengawali kegiatan dengan melaksanakan Pra MPLS pada hari Senin, 8 Juli 2024. Pra MPLS adalah kegiatan awal yang diikuti siswa baru sebelum menjalani MPLS. Tujuan Pra MPLS adalah memberikan suatu gambaran kepada siswa baru terkait dengan kegiatan yang akan dilaksanakan selama MPLS beberapa hari ke depan.

Kegiatan Pra MPLS diawali dengan setiap siswa baru dikelompokkan menjadi 10 gugus kemudian melakukan presensi didampingi oleh pendamping gugus dari OSIS dan MPK SMP Telkom Makassar. Pra MPLS dibuka langsung oleh Kepala SMP Telkom Makassar Bapak Muhamad Irjan Marsaoly. Pada sambutannya beliau mengucapkan “selamat datang dan selamat bergabung di SMP Telkom Makassar, jenjang SMP tentunya berbeda dengan jenjang SD sehingga setiap siswa perlu beradaptasi dengan lingkungan baru, serta teman baru yang memiliki karakter yang berbeda-beda. Sehingga perlu untuk saling menghormati dan memahami anatara satu dengan yang lainnya.”

Pada kegiata Pra MPLS, para siswa baru dihibur oleh perwakilan ekskul yang ada d SMP Telkom Makassar. Yaitu, Tim Musik Tradisional FLS2N 2024, Tari Kreasai FLS2N 2024, Trio Vocal, Tim Pantomim FLS2N 2024, dan Tari Tradisional Saman.

Selain itu, pada kegiatan Pra MPLS, para peserta diberikan informasi dan penjelasan terkait aturan yang harus ditaati selama MPLS berlangsung serta perlengkapan yang perlu dibawa saat MPLS.

Dengan mengikuti kegiatan Pra MPLS, diharapkan siswa baru akan lebih siap dalam menghadapi tantangan baru serta dapat menjalin dan membangun kedekatan dengan sesama siswa baru maupun kepada kakak kelas, dan Bapak/Ibu Guru yang bertugas selama MPLS berlangsung.

Kegiatan Pra MPLS ditutup dengan kegiatan Pre-Test Bahasa Inggris. Pre Test tersebut dilaksanakan untuk mengetahui kemampuan awal setiap siswa baru, kemudian nantinya akan menjadi referensi dalam memetakan level dan pemilihan kelas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.