SMP Telkom Makassar Memperingati Hari Bumi 2024 dengan Menanam Pohon Bersama.

SMP Telkom Makassar Memperingati Hari Bumi 2024 dengan Menanam Pohon Bersama.

Sejarah Hari Bumi dimulai dari kekhawatiran tentang lingkungan yang semakin memburuk di Amerika Serikat pada tahun 1960-an. Pada masa itu, polusi udara dan air menjadi masalah serius akibat konsumsi bahan bakar yang besar dan limbah industri yang tidak terkendali.

Puncaknya, pada tahun 1962, terbitlah buku “Silent Spring” karya Rachel Carson yang memicu kesadaran publik tentang bahaya polusi terhadap lingkungan dan kesehatan manusia.

Inisiatif Hari Bumi pertama kali muncul dari Senator Gaylord Nelson, yang terinspirasi oleh gerakan mahasiswa yang menentang perang dan kekhawatiran akan lingkungan. Ia ingin menggabungkan energi dari protes mahasiswa dengan kesadaran masyarakat tentang polusi udara dan air.
Bersama dengan Denis Hayes, seorang aktivis muda, mereka mengorganisir acara pengajaran di kampus-kampus dan memilih tanggal 22 April sebagai Hari Bumi, yang kemudian menjadi perhatian nasional dan menarik perhatian seluruh negara.

Hari Bumi pertama kali dirayakan pada tahun 1970, di mana 20 juta orang Amerika berpartisipasi dalam demonstrasi untuk menentang dampak negatif dari perkembangan industri yang telah meninggalkan dampak serius bagi kesehatan manusia. Dari sinilah Hari Bumi menjadi gerakan global yang memperjuangkan perlindungan lingkungan dan kesehatan manusia.
Peringatan Hari Bumi tahun ini, secara khusus bertujuan untuk segera menghentikan penggunaan plastik sekali pakai dan mendesak untuk adopsi Perjanjian PBB yang kuat tentang pencemaran plastik. Tak hanya sampai di situ, ada panggilan mendesak untuk mengakhiri praktik fast fashion yang merugikan lingkungan. (Dikutip dari laman Earthday.org,)

Upaya bersama gerakan ini bertujuan untuk membuka jalan menuju planet bebas plastik, memastikan warisan berkelanjutan bagi generasi mendatang.

SMP Telkom Makassar memperingati Hari Bumi 2024 dengan menanam pohon bersama.

Melalui langkah sederhana ini, SMP Telkom Makassar berusaha memberikan kontribusi nyata untuk melestarikan lingkungan dan mengurangi jejak karbon. Setiap pohon yang kami tanam adalah janji untuk masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan. Bersama-sama, kita bisa menciptakan perubahan positif bagi planet ini.

Satu langkah kecil untuk masa depan hijau yang lebih baik! šŸŒ±šŸŒ šŸŒ±šŸŒ

Leave a Reply

Your email address will not be published.