Sosialisasi Pengolahan Sampah dan Penanaman Pohon bersama Komunitas Sahabat Sampah di SMP Telkom Makassar

Sosialisasi Pengolahan Sampah dan Penanaman Pohon bersama Komunitas Sahabat Sampah di SMP Telkom Makassar

Sampah hingga kini masih menjadi masalah yang belum bisa terselesaikan. Sampah yang tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan masalah lingkungan, Kesehatan, ekonomi dan sosial. Sampah yang dihasilkan dari berbagai aktivitas manusia merupakan salah satu masalah yang mempengaruhi kesehatan lingkungan. Banyaknya aspek yang berkaitan dengan masalah sampah ini menunjukkan bahwa diperlukan kerja sama yang baik antara pemerintah, masyarakat, hingga dunia usaha dan industri.

Oleh karena itu, diperlukan penyamaan persepsi tentang bagaimana penanganan sampah kepada seluruh lapisan masyarakat. Salah satu cara yang dapat dilakukan dalam upaya menanggulangi permasalahan sampah adalah dengan melakukan sosialisasi atau memberikan edukasi kepada seluruh lapisan masyarakat termasuk kepada seluruh siswa yang ada di sekolah-sekolah agar mereka dapat memahami tentang isu- isu terbaru tentang sampah serta upaya apa saja yang dapat dilakukan untuk menanggulangi permasalahan sampah tersebut.

Jumat, 14 Juni 2024 Pukul 08.00 – Selesai SMP Telkom Makassar mendapatkan Kunjungan dan Sosialisasi Pengolahan Sampah serta Penanaman pohon bersama Komunitas Sahabat Sampah yang ada di Kota Makassar. Kegiatan sosialisasi tersebut dilaksanakan di Aula dan lingkungan SMP Telkom Makassar.

Pada kegiatan sosialisasi tersebut, siswa-siswi juga diajak untuk bisa mengolah sampah menjadi barang berharga dan menjadi barang layak pakai dengan melakukan daur ulang sampah.

Beberapa Langkah yang dapat dilakukan dalam mendaur ulang sampah menjadi barang layak pakai dan berharga adalah;

  1. Daur ulang sampah plastik dan perca

Sampah plastik yang sulit terurai dan menimbulkan polusi udara jika dibakar, ternyata bisa didaur ulang menjadi produk yang bermanfaat dan bernilai jual. Contohnya plastik kemasan makanan yang bisa dikumpulkan satu per satu dan dijadikan tas plastik bermotif unik. Tidak hanya itu, kemasan minuman juga bisa diubah menjadi dompet. Sementara itu limbah kain perca, dapat didaur ulang menjadi keset yang cantik dan sebagai boneka jari untuk alat peraga.

  1. Dijadikan alat seni

Sampah bisa  menjadi  sebuah karya seni yang hebat, seperti seni patung. Patung-patung berbahan dasar dari sampah plastik dapat dimanfaatkan dan dipamerkan dalam galeri atau pameran. Tentunya karya seni yang terbuat dari kumpulan sampah plastik memiliki nilai seni yang tinggi.

  1. Media tanam

Sampah botol plastik dapat diubah menjadi pot bunga yang cantik dan unik. Dengan metode menanam vertikultur, sampah botol plastik yang masih utuh dapat digunakan sebagai media tanam. Botol plastik bisa dilubangi sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Setelah itu masukkan tanah ke dalamnya dan jangan lupa untuk melubangi bagian ujung botol sebagai jalan masuknya tali penggantung.

(dikutip dari kemdikbud.go.id)

Dengan kegiatan sosialisasi diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih utuh kepada masyarakat khususnya para siswa untuk dapat berperan aktif dalam menangani masalah sampah yang ada di sekitar lingkungan, membantu mereka mengembangkan gaya hidup bersih dan sehat

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.