Pelatihan Cyber Security Awareness oleh Yayasan Pendidikan Telkom di SMP Telkom Makassar

Pelatihan Cyber Security Awareness oleh Yayasan Pendidikan Telkom di SMP Telkom Makassar

Kesadaran terhadap keamanan siber (cyber security awareness) menjadi fokus utama dalam upaya pencegahan kejahatan siber yang semakin meningkat di era digital ini. Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mencatat adanya 1.417 aduan terkait siber pada tahun 2023, di mana 86% di antaranya merupakan kasus kejahatan siber. (dikutip dari news.bsi.ac.id)

Mengingat besarnya dampak dan risiko keamanan yang dapat ditimbulkan dari kejahatan siber, Yayasan Pendidikan Telkom bersama SMP Telkom Makassar menggelar pelatihan Cyber Security Awareness di Aula SMP Telkom Makassar pada hari Rabu, 19 Juni 2024.

Pelatihan Cyber Security Awareness diikuti 675 peserta yang dibagi menjadi tiga sesi, hal ini dilakukan agar kegiatan berjalan lebih efisien dan kondusif. Sesi 1 pukul 08.00-10.00 diikuti oleh siswa-siswi baru tahun ajaran 2024/2025, sesi 2 pukul 10.00-12.00 diikuti oleh siswa-siswi kelas VII, dan sesi 3 pukul 12.00-14.00 diikuti oleh siswa-siswi kelas VIII.

Pelatihan Cyber Security Awareness menghadirkan pemateri Valliant Ferliyando (Asman IP & Service Node PT Telkom Witel Makassar) dengan membawakan materi perlindungan data pribadi, penggunaan media sosial (medsos) dalam keseharian, hingga antisipasi kejahatan dunia maya (cyber crime).

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran akan bahaya kejahatan siber, khususnya di kalangan siswa-siswi yang kini mulai menjadi sasaran dari pelaku kejahatan siber. Pelatihan Cyber Security Awareness diharapkan dapat mencegah ancaman siber yang marak terjadi serta meningkatkan keamanan sistem jaringan, aplikasi perangkat lunak, dan data dari potensi kejahatan digital. Selain itu, pelaksanaan kegiatan ini juga diharapkan siswa-siswi lebih melek digital, mencegah kejahatan dunia maya, serta mengajarkan kepada siswa-siswi untuk lebih bijak dalam bermedia sosial.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.