Pameran Animasi SMP Telkom Makassar

Pameran Animasi SMP Telkom Makassar

SMP Telkom Makassar adalah salah satu sekolah swasta di Makassar yang telah menerapkan sistem pendidikan yang utuh dan seimbang. Peserta didik tidak hanya dibekali pengetahuan dan keterampilan, namun aspek karakter dan religi juga turut dikembangkan sehingga pendidikan di sekolah dapat berlangsung secara seimbang dalam memenuhi aspek kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual.

Dalam menghadapi era teknologi abad 21 dan industri 4.0, maka SMP Telkom Makassar juga menyesuaikan dengan kurikulum yang berbasis kecakapan abad 21 dan industry 4.0 yaitu kurikulum merdeka. Pemanfaatan teknologi informasi juga digunakan untuk menunjang pembelajaran yang didukung dengan penyediaan sarana dan prasarana. Adapun beberapa mata pelajaran muatan IT yang ada di SMP Telkom Makassar yaitu Informatika, Junior Programming, dan Desain Animasi.

SMP Telkom Makassar melalui pelajaran Desain Animasi telah menggelar Pameran Animasi. Pameran hasil karya animasi ini berlangsung dua hari yaitu 7-8 Desember 2023 dengan mengusung tema “Animasi Remaja Ciptakan Dampak Edukatif.”  Melalui pameran animasi tersebut diharapkan dapat menambah wawasan, membuka pemikiran, serta tumbuhnya sikap toleransi dan saling menghargai di antara peserta didik,

Sebelum melakukan pameran banyak persiapan yang telah dilaksanakan peserta didik untuk menghasilkan sebuah karya animasi Stop Motion Studio. Menurut Ibu Fikriah “Pembuatan Stop Motion Studio dimulai dari identifikasi masalah yang terjadi di lingkungan sekitar kemudian menentukan Tema dan ide, setelah itu membuat storyboard cerita, membuat set karakter dan background, proses pemotretan dan Animasi, Proses Editing dan terakhir finishing Projek Augumented Reality.”

Pameran tersebut diinisiasi oleh guru desain animasi SMP Telkom Makassar yang menginginkan karya Penilaian Akhir Semester (PAS) tersebut tidak hanya sekedar diberikan penilaian kemudian disimpan, namun karya peserta didik tersebut sebisa mungkin juga ikut bisa dinikmati oleh siswa yang lain. Oleh karena itu, para guru desain animasi memberikan wadah untuk mereka bisa menyalurkan ide-ide kreatifnya melalui Pameran Animasi.

Pameran animasi yang diselenggarakan tidak hanya memamerkan karya dalam wujud gambar dan video. Siswa SMP Telkom Makassar juga menggunakan aplikasi Artivive agar pengunjung bisa melihat lebih jelas dan menikmati bagaimana gambar yang dibuat bisa bergerak.

Menurut Ibu Nurul Istiqomah, S.Kom. “dalam pembuatan video animasinya peserta didik menggunakan aplikasi FlipaClip untuk jenis stop motion 2D sedangkan untuk animasi  3D seperti Clay Motion, Cut Out dan Pupet peserta didik menggunakan aplikasi Stop Motion Studio. Setelah videonya jadi peserta didik kemudian membuat Ar pada platform Artivive”

Pelaksanaan pameran animasi yang dilaksanakan oleh siswa kelas 9 tersebut diapresiasi oleh peserta didik yang berkunjung untuk melihat hasil karya animasi yang telah dibuat termasuk Bapak dan Ibu guru SMP Telkom Makassar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.