Sharing Session Berbagi Praktik Baik Implementasi Kurikulum Merdeka SMP Telkom Makassar

Sharing Session Berbagi Praktik Baik Implementasi Kurikulum Merdeka SMP Telkom Makassar

Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum yang dirancang dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten pembelajaran disusun lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensinya. Dalam proses pembelajaran, guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.

Kurikulum Merdeka yang merupakan Merdeka Belajar episode ke-15 itu mengarah pada struktur kurikulum yang lebih fleksibel dan fokus pada materi esensial sehingga memberikan keleluasan bagi guru menggunakan berbagai perangkat ajar sesuai kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Sejalan dengan Kurikulum Merdeka, diluncurkan pula Platform Merdeka Mengajar (PMM) sebagai aplikasi yang menyediakan berbagai referensi belajar dan berkarya bagi guru untuk terus mengembangkan praktik mengajar secara mandiri maupun berbagi praktik baik.

(dikutip dari: https://www.infopublik.id/kategori/nasional-sosial-budaya/769972/praktik-baik-implementasi-kurikulum-merdeka-di-kabupaten-aceh-utara)

Program Sekolah Penggerak merupakan program Pemerintah yang menjadi acuan setiap sekolah yang melakukan perubahan paradigma kurikulum. Kurikulum merdeka harus menjadi pegangan utama bagi seluruh satuan pendidikan yang akan melakukan Implementasi Kurikum Meredeka. Salah satu dalam mewujudkan hal tersebut dengan melakukan kolaborasi antar pemangku kebijakan, Pengawas, dan seluruh stakeholder termasuk sekolah-sekolah sasaran terdekat.

Salah satu bentuk kolaborasi adalah dengan melakukan kegiatan Berbagi Praktik Baik Implementasi Kurikulum Merdeka yang dilakukan oleh SMP Telkom Makassar. Kegiatan tersebut dihadiri beberapa sekolah sasaran terdekat, yaitu SMP Kemala Bhayangkari, SMP Darul Hikmah, SMP Yapend Bungaya, SMP YP. PGRI 4, SMP Muhammadiyah 12 Makassar. Kegiatan yang berlangsung pada hari Kamis, 14 Desember 20203 di Aula SMP Telkom Makassar dengan agenda Sharing Session Berbagi Praktik Baik Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Telkom Makassar.

Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai pukul 13.30 s.d. 17.00. Kepala SMP Telkom Makassar, Bapak Muhamad Irjan Marsaoly, S.E. mengucapkan terima kasih kepada sekolah-sekolah yang telah berkunjung ke SMP Telkom Makassar, karena dipercaya menjadi sekolah tujuan studi tiru Praktik Baik Implementasi Kurikulum Merdeka. Melalui kegiatan berbagi praktek baik Program Sekolah Penggerak (PSP) sekolah ini diharapkan dapat menginspirasi, memotivasi, serta dapat diterapkan di sekolah-sekolah lain.

Kegiatan Praktik Baik Implementasi Kurikulum Merdeka ditutup dengan peserta Studi tiru yaitu guru dan siswa dari sekolah sasaran praktik baik berkunjung ke pamerah hasil karya animasi Stop Motion Studio siswa SMP Telkom Makassar. Karya animasi yang dihasilkan oleh siswa SMP Telkom Makassar tidak hanya karya dalam wujud gambar dan video. Namun juga menggunakan aplikasi Artivive agar pengunjung bisa melihat lebih jelas dan menikmati bagaimana gambar yang dibuat bisa bergerak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.